Thursday, March 23, 2006

Pramist

Setelah melahap Bumi Manusia semalam, aku semakin penasaran dengan karya-karya Pram yang lain. Kecanduan. Aku ingin bukunya Pram menemaniku 14 jam di pesawat nanti dan sebagai teman tidur selama seminggu di hotel.

Memang belum bisa menggantikan mama dan bau nano-nano keringat Kintan. Gak apa apa. Ternyata mau gak mau memang aku harus meninggalkan keluargaku untuk sementara. Kalau memang akhir bulan ini aku tidak berangkat, akhir bulan April akan sebagai ganti. Dibulan tersebut ada training lagi, dan Kang Henry mau gak mau harus berangkat :D, karena kalau tidak jatah itu siap diambil oleh bos, hehehehe. Bedanya, kalau aku berangkat April, aku akan merasakan Muenchen. Kota ini sudah aku kencingi lho. Oh ya, aku pertama kali naik pesawat ya ke Muenchen itu, umurku saat itu belum genap 20 tahun. Jangan dibayangkan keudikanku saat itu :p.

Ok, kembali ke bukunya Pram. Setelah beberapa waktu yang lalu berburu di Gramedia, hari ini aku putuskan untuk membeli karyanya di anelinda.com, toko buku yang menurut pengakuan dia hanya menjual buku-buku yang unik dan antik. Salah satunya koleksi karya Pram. Memang karya-karya terdahulu yang diterbitkan Hasta Mitra sudah tidak lengkap lagi, digantikan oleh penerbit Lentera Dipantara. Penerbit ini digawangi oleh keluarga Pram sendiri, dan mereka akan menerbitkan buku-buku lama baik yang dulu dilarang beredar atau tidak, tentu saja setelah stok terbitan Hasta Mitra benar-benar tidak ada lagi di toko-toko buku. Dan sekarang memang sudah tidak ada lagi (di toko seperti Gramedia).

Catatan ini akan aku perbarui terus untuk mencatat karya-karya Pram yang sudah aku dapatkan (dan aku baca). Kalau ada mood nanti aku tulis kenapa aku suka dengan karya Pram. Ingat aku hanya pembaca pemula, tidak mengerti sastra.

Karya Pram koleksiku (aku urutkan berdasarkan tanggal beli) :
1. Jalan Raya Pos, Jalan Daendels (2005)
2. Bumi Manusia (1980)
3. Larasati (2000)
4. Di Tepi Kali Bekasi (1951)
5. Mereka yang Dilumpuhkan (1951)
6. Realisme Sosialis dan Sastra Indonesia (1963) --> paling membikin mumet :(, tapi buku ini yang menjelaskan 'aliran' Pram
7. Sang Pemula
8. Tempo Doeloe --> antologi sastra pra Indonesia, Pram sebagai penyunting
9. Mangir --> naskah drama

No comments: