Wednesday, May 10, 2006

Sweeping Etnis Cina : Buntut Kasus Pembunuhan PRT di Makasar

Lihat tayangan Top 9 News di Metro TV semalam? Atau membaca berita di Detikcom pagi ini?

Apa-apaan aksi beberapa mahasiswa tersebut :(. Kasus pembunuhan yang boleh terbilang 'biasa' (lihat berita kriminal di televisi setiap harinya, lama Anda akan menjadi terbiasa melihat kasus-kasus seperti ini). Mengsweeping dan memaksa seorang warga etnis cina untuk berorasi mengecam pembunuhan tersebut. Apa maksudnya? Bagaimana kalau pembunuhan tersebut dilakukan oleh pribumi sendiri? Aku yakin tidak ada yang membenarkan tindak pembunuhan, lepas dari etnis apapaun. Sungguh, perbuatan BODOH! Menunjukkan budaya yang rendah. Apalagi ada embel-embel mahasiswa dari universitas yang mencatut Islam sebagai bagian dari nama universitas tersebut.

Suku bangsa apapun di negeri ini pasti punya dua sisi, baik dan buruk. Itu sudah sunnatullah, sudah tabiat manusia. Jadi di negeri multi etnis ini sudah tak seharusnya bersikap rasis, SARA, seperti itu. Islam mengakui semua orang itu punya kedudukan yang sama, yang membedakan adalah keimanannya. Bukan suku bangsa atau warna kulit. Lihatlah, betapa tinggi Islam menjunjung persamaan derajad manusia.

Akankah warga etnis cina kembali trauma seperti tahun 98?

1 comment:

Jov said...

gw dong yang kalo plg mesti melewati tempat demo org2 itu. nyaris brantem gara-2 gw ngotot pengen lewat dpn kampus tp gak boleh ma mrk. suruh muter jln laen. untung ada pak polkis yg nengahin. geloooo! arogan!
Sialnya, spanduk simpati JITU dipake buat magar jalan pula. Pfffhhh, srasa sponsor deh :(