Monday, May 29, 2006

Duka Tuk Jogja

Sabtu pagi tak sengaja melihat tayangan di televisi, Jogja diguncang gempa. Saat itu korban yang terdata masih sedikit. Memang digambarkan beberapa rumah roboh rata dengan tanah. Malam, korban jiwa dilaporkan lebih dari 2000. Hari ini, tak kurang dari 4000 nyawa. Dan mungkin (semoga tidak) akan bertambah.

Teman OB dikantor rumahnya retak. Alhamdulillah saat itu orangtuanya sedang berkunjung ke Jakarta sehingga tidak ada korban manusia.

Masyarakatpun antusias untuk mengumpulkan bantuan. Semoga antusiasme ini didukung dengan kelancaran pengangkutan bantuan tersebut ke Jogja. Jangan sampai karena urusan birokrasi mengakibatkan distribusi bantuan jadi tersendat. Masih ingat beberapa tahun silam ketika tsunami menghantam Aceh, banyak bantuan yang tidak terangkut karena minimnya transportasi. Untunglah saat ini Jogja bisa dijangkau lewat jalan darat dan udara.

Merapi belum usai, datang ujian gempa. Semoga warga yang menjadi korban tetap kesabaran dan kekuatan menghadapi hari esok. Tak ada yang bisa kukerjakan tuk meringankan mereka selain doa dan beberapa rupiah.

Mama, Kintan ... bongkar-bongkar lemari yuk.

No comments: