Tuesday, March 14, 2006

Negeri Infotainment, Negerinya Selebritis

Sudah bukan hal aneh jika mayoritas warga negeri ini sangat suka hiburan. Bahkan kemajuan sangat pesat di dunia media elektronik dan cetak terjadi di sektor hiburan. Semua bisa menjadi hiburan, termasuk juga aib!

Dari dunia hiburan tersebut muncul istilah celebritis, semua mencoba meminta pendapatnya tentang hal-hal yang aktual, walau pendapat yang diungkapkannya dangkal-dangkal saja. Tak dipungkiri ada beberapa yang kritis, tapi selebihnya ... ya Anda tahulah. Dan anehnya mereka masih saja menjadi idola, entah apa point positif yang bisa diambil masyarakat sehingga masyarakat begitu menggilai. Hiiii ...

Tak afdol bila sebuah media tidak memberitakan selebritis. Silahkan buka web site televisi nasional kita, betapa beragamnya infotaintment yang ada. Beragam nama maksudnya, isi sih itu-itu aja, dangkal. Kalau aku bilang, tidak ada manfaatnya buat negeri yang sedang sakit ini!

Belum sinetron-sinetron kelas kambing yang hanya jual mimpi gak jelas, atau sinetron islam vs gondoruwo. Errghhh, bagaimana nasib kaum muda negeri ini jika tiap hari dicekokin hiburan gak mutu tersebut.

Hiburan memang tidak salah, malah hidup ini akan kacau jika tidak ada hiburan. Negeri ini punya banyak potensi hiburan yang positif. Dari sisi musik misalnya, Indonesia punya musisi kelas dunia. Indra Lesmana, Elfas Singer, Buby Chen, Balawan, dan masih banyak yang lain. Film, sekarang kita punya generasi muda yang hebat, Mira Lesmana, Riri Riza, Garin Nugroho. Sastra tulis, ada Pramoedya Ananta Toer, Seno Gumira, Oka Rusmini. Banyak budaya lokal yang belum tersentuh untuk dijadikan lahan hiburan. Hiburan yang bisa menambah wawasan, menggugah semangat penikmatnya.

Tapi kenapa yang muncul hanya yang 'itu-itu' saja? Kapan pemilik-pemilik media tersebut punya keinginan untuk mengangkat hiburan yang lebih bermutu? Kapan warga negeri ini bisa menikmati hiburan yang bermartabat? Kapan ...

No comments: