Thursday, July 20, 2006

Pelurusan berita Tsunami (Humas Ristek)

From: humas@ristek.go.id
To: merry_magdalena@yahoo.com
CC: hastowo@ristek.go.id

Merry Yth,
Mohon bantuan agar pelurusan berita ini dapat dimuat. \tks.
Salam, ybagyo
================

Pelurusan berita Tsunami (Humas Ristek)

Berita bahwa Menristek telah menerima informasi beberapa saat sebelum terjadinya bencana tsunami pada hari Senin dan tidak menyebarkannya adalah kurang tepat. Yang tepat adalah bahwa informasi terjadinya gempa dapat diakses oleh siapa pun juga, termasuk oleh pribadi-pribadi dari sumber-sumber internasional. Dalam hal ini, Menristek juga memeproleh informasi yang diperoleh melalui akses internasional , termasuk lembaga-lembaga lain.

Dikatakan oleh Menristek, bahwa semua orang dapat memperoleh akses tersebut. Akan tetapi, secara legal, hanya BMG yang memiliki otorisasi untuk menyebarluaskan informasi dan peringatan dini ini ke instansi-instansi terkait di Jakarta, Provinsi, Kota dan Kabupaten serta media lain. Dan BMG telah menyebarluaskan informasi tersebut yang diperolehnya melalui berbagai cara seperti telepon, sms, surat dan tatap muka. Data tambahan lain dari USGS yang dapat diberikan adalah bahwa gempa terjadi pada tanggal 17 Juli 2006 pada pukul 18.12. dengan skala 7,2, terjadi kira-kira 24o Km dari Tasikmalaya. Buletin PTWC menyebutkan bahwa berdasarkan data sejarah gempa, tsunami yang besar dan merusak tidak akan terjadi .

Seperti diketahui, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) terhubung sangat baik dengan Japan Meteorological Agency dan Pacific Warning System secara on line sehingga semua akses informasi dapat dipertukarkan secara langsung. Informasi ini lalu disebarluaskan melalui berbagai cara bilamana dipandang perlu untuk disebarluaskan.
Jadi tidak benar, bahwa informasi yang diperoleh tidak disebarkan.

---

Komentarku :
Jadi pemerintah berinisiatif tidak menyebarkan berita (menyiarkan ke penduduk di kawasan terdekat dengan titik gempa) dengan alasan belum pernah terjadi tsunami yang besar dan merusak akibat gempa dengan kekuahan 7,2 richter. Gempa di kawasan Aceh yang lalu (9 richter) ternyata tsunaminya sampai ke benua Afrika mengarungi 5000 km. Melihat data-data gempa di BMG harusnya memang peringatan tersebut disampaikan karena jarak Pangandaran dan sekitarnya dengan pusat gempa kira-kira 200km.

Di blognya Pak Rovicky (Dongeng Geologi) disimulasikan bahwa tsunami hanya butuh waktu maksimal 20 menit untuk mencapai bibir pantai selatan Jawa dari epicenter. Menurut salah seorang komentator data-data efek akibat gempa sudah masuk ke BMG dalam waktu 15-20 menit.

Jika Jepang saja memperingatkan Indonesia akan adanya tsunami, kenapa BMG tidak memperingatkan warga di pesisir selatan Jawa?

Sudahlah, semua sudah terjadi. Sekarang mati berpikir bagaimana mengumpulkan dan menyalurkan bantuan untuk mereka yang menjadi korban tsunami. Jika BMG dianggap lalai biarlah mereka yang punya kuasa yang memberi sanksi.

No comments: