Thursday, July 27, 2006

Berburu chemical di Pasar Baru

Akhirnya nekat kabur dari kantor pas jam makan siang untuk berburu chemical untuk proses film B/W. Singkat cerita sampai di Pasar Baru dan langsung menuju Capa Store.

Karena tak ada persiapan sebelumnya, cuma berbekal ingatan apa saja yang akan dibeli akhirnya didapat item sebagai berikut :
- Tmax Developer
- Ilford Rapid Fixer
- Ilford Ilfotol (wetting agent)

Ingin beli stop-bath, HCA (Hypo Clearing Agent) tapi ragu-ragu karena bisa digantikan dengan air, walau waktu proses jadi lebih lama. Tapi setelah baca-baca di forum B/W fotografer.net kok kepikir untuk pakai saja. Salah satunya mengirit fixer karena harganya relatif mahal (komposisi larutan 1+4).

Sebenarnya yang aku incar untuk developer adalah Kodak D76. Sayang, yang ada hanya yang expired. Belum lama sih, baru 6 bulanan (expired 2006/01). Setelah konsultasi singkat di forum FN diperoleh kesimpulan developer expired bisa dipakai. Alternatif D76 bisa pakai Ilford ID11, sayang juga tidak ada. Oktagon gak ada, Primaimaging hanya jual merk Tetenal. Dimana lagi yang jualan barang kuno itu?

Sekarang saatnya mencoba memproses film sendiri dengan chemical-chemical yang ada, itung-itung sebagai lahitan dulu sebelum memakai kekuatan penuh. Manfaatkan yang ada dulu dan latih sampai mendapat hasil yang memuaskan. Lagian dirumah lebih 15 rol film yang belum diproses, hehehe.

2 comments:

Eko Andri P said...

wah.. suka ngabur juga dari kantor... hehehe

me said...

asal semua sudah beres dan gak ada masalah, ngabur ke depok jg gpp kok Pak, hehehe